Sabtu, 22 Januari 2011

Sekjen KONI Pusat Perjuangkan Pembukaan Sea Games di Palembang

PALEMBANG, KAMIS - Perebutan sebagai tuan rumah pembukaan pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) tahun 2011 antara Jakarta dan Sumsel akan berlangsung seru. Kendati diakui berat bersaing dengan ibukota Negara, tetapi Sumsel memiliki modal karena Sekjen KONI Pusat H Rosihan Arsyad yang tidak lain Gubernur Sumsel periode 1998-2003 ini mendukung Sumsel sebagai tempat pembukaan SEA Games yang bakal dibuka Presiden RI hasil Pilpres 2009.


Dukungan ini dikatakan Rosihan Arsyad kepada wartawan, Kamis (7/5) usai memaparkan pelaksanaan SEA Game 2011 yang akan dilaksanakan di empat provinsi di Indonesia, yakni Jawa Barat, Jawa tengah, DKI Jakarta dan Sumsel.

"Saya akan berusaha mengenai keinginan Sumsel karena memang saya dahulu berkeinginan pembukaan SEA Games di Palembang," katanya.

Dengan kesiapan Sumsel dan dukungan pemeirntah provinsi ditambah dengan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Sumsel terdapat delapan cabang, akan menjadi modal bagi Sumsel untuk bersaing dengan DKI Jakarta.

"KONI akan mencatat usulan Sumsel. Saya tidak tidak bisa memutuskan sendiri karena akan dibentuk panitia khusus yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga. Dengan kesiapan Sumsel dan dukungan Gubernur, maka siap-siap saja Sumsel khususnya Palembang menjadi tempat acara pembukaan," katanya.

Dari 43 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, delapan cabang sudah ditetapkan di Sumsel seperti cabang atletik yang paling bergensi, polo air, renang, sepakbola, wushu, angkat berat dan angkat besi dan cabang senam dengan perkiraan jumlah atlet dan official di Palembang sebanyak 4.200 orang dari 10 ribu atlet yang ikut dalam SEA Games 2011. Itu artinya, di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah jumlah atletnya di bawah angka 3.000 atlet.

"Sumsel sudah memiliki pengalaman untuk penyelenggaraan pesta olahraga. PON XVI berjalan sukses, begitu pun sarana olahraganya," katanya.

Kendati begitu, ia melihat memang ada fasilitas olahraga yang harus diperbaiki, seperti GOR Kampus sedangkan fasilitas lainnya semua sudah siap. "Ini modal Sumsel sebagai pelaksana pembukaan pesta Sea Games 2011 mendatang," papar Rosihan.

Usai bertemu dengan Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, Rosihan dan pengurus PB KONI meninjau beberapa fasilitas olahraga yang sudah ada di Palembang, termasuk persiapan renovasi GOR Campus Palembang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger