Kamis, 20 Januari 2011

Menuju Seagames 2011, Palembang Akan Menjadi Tujuan Wisata Olahraga?

“Palembang bukannya ditunjuk menjadi kota utama penyelenggara SEAGAMES ke 26, tahun 2011. Palembang merebutnya.” Kata Alex Noerdin Gubernur Sumatera Selatan dalam sebuah pertemuan dengan dokter-dokter Fisiologi SeIndonesia yang berseminar di Palembang bulan Oktober lalu.

Ya, dia menjelaskan bahwa Palembang menyanggupi pembangunan fasilitas olahraga bertaraf internasional di lokasi Jakabaring, daerah pusat olah raga di Palembang nantinya. Kolam renang, lapangan atletik, lapangan menembak, senam, berkuda, dayung, dll sudah dimulai pembangunannya dan ditargetkan akan selesai bulan Juli 2011.

Yang membuat Palembang menjadi ‘main host’ dan Jakarta hanya menjadi ‘co-host’, yang membuat pembukaan dan penutupan SEAGAMES dilakukan di Palembang adalah adanya asrama atlet yang dibangun di Palembang yang bisa menampung 4000-an atlet serta offisialnya, serta dana yang dibutuhkan sebesar 3 trilyun rupiah diambil sebagian besar dari pihak ke 3, selain dari APBN dan APBD.

Inilah yang membuat 2 kota lainnya, Semarang dan Bandung tersisih, kenekad-an pemdanya kalah dengan keberanian Ir. Alex Noerdin gubernur Sumsel.

Lagipula, kalau naik pesawat Palembang hanya 45 menit dari Cengkareng, sementara Bandung 2,5-3 jam naik travel/ kereta dan Semarang 1 jam. Lebih dekat, kan?

Sebanyak 20 an cabang olahraga diadakan di Palembang dan sisanya di Jakarta, dan pembukaan akan dilaksanakan tepat tanggal 11 bulan 11 tahun 2011, pukul 11 lewat 11 menit dan kalau bisa 11 detik. Menurut pakar fengshui di palembang sih angka-angka itu hoki.

Kelanjutan dari itu semua, direncanakan event-event olahraga nasional ataupun internasional yang diadakan di Indonesia diusahakan pemda akan direbut lagi, agar diadakan di Palembang, agar kota ini tidak hanya dikenal masyarakat sebagai kota pempek dan songket, tetapi juga sebagai daerah tujuan wisata olahraga di tanah air.

Jaman begini memang tidak bisa lagi mengandalkan wisata alam yang bisa saja tercemar. Tujuan wisata harus dibentuk dan event-event pun direbut diadakan di daerah tersebut.

Jadi, jangan heran setelah 2011 anda akan kesulitan mendapat tiket ke Palembang, karena sudah menjadi tujuan wisata yang dicari-cari orang.

Semoga!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger